Bakohumas Kab.Inhu hadirkan PT. Pertamina EP Lirik sebagai narasumber


Rengat – Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Kabupaten Indragiri Hulu menghadirkan PT. Pertamina EP Aset 1 Lirik Field sebagai Narasumber pada Acara Pertemuan Tematik Bakohumas Kab. Inhu yang digelar di Aula Bappeda Kab.Inhu Selasa (30/04/2019). Pertemuan rutin yang ditaja oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Inhu ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu Ir. H. Hendrizal, M.Si selaku Ketua Umum Bakohumas Kab.Inhu.

Turut hadir dalam acara tersebut Paur Humas Polres Inhu, Perwakilan Kodim 0302 Inhu, Perwakilan Kejaksaan Negeri Rengat dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kab.Inhu Jawalter S, M.Pd serta Para Anggota Bakohumas yang merupakan praktisi kehumasan di lingkungan OPD, Instansi Vertikal, Kejaksaan, Manggala Agni, Perwakilan Bank, TNBT, BPJS Ketenagakerjaan, Kantor POS, PD Indragiri, serta BUMN dan BUMD di Kabupaten Indragiri Hulu.

Dalam sambutan Sekretaris Daerah yang juga selaku Ketua Umum Bakohumas, beliau menjelaskan bahwa pertemuan Bakohumas ini merupakan wadah untuk meningkatkan kolaborasi para
Humas pemerintah yang tergabung dalam anggota Bakohumas dalam hal penyebarluasan informasi mengenai program dan kegiatan serta agenda pemerintah. “Beberapa agenda besar Pemerintah
Kabupaten Indragiri Hulu untuk disebarluaskan ke Masyarakat”ujarnya.

Beberapa agenda besar tersebut diantaranya adalah keberhasilan Pemkab Inhu yang baru saja meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK secara tiga kali berturut-turut. “Alhamdulillah pada tanggal 29 April 2019 kemarin Bapak Bupati sudah menerima hasil Laporan Audit dari BPK dengan hasil mendapatkan Opini WTP” terangnya. Pak Bupati mengucapkan ribuan terima kasih kepada ASN dan NON ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu yang telah berperan sangat besar pada peraihan WTP ini” tambahnya.

Selain itu ada beberapa agenda lagi yang perlu di informasikan ke masyarakat yaitu peringatan hari buruh dan hari pendidikan pada awal bulan mei nanti, agar dapat dilaksanakan dengan tertib dan damai. Kemudian Pemkab Inhu juga telah melaksanakan MTQ tingkat Kecamatan secara serentak di 14 Kecamatan se-Kabupaten Indragiri Hulu. “walaupun di seluruh tempat pelaksanaan MTQ di seluruh kecamatan di warnai dengan kondisi hujan, namun pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan secara serentak tetap kita laksanakan”terangnya.

Kemudian Pemkab Inhu juga mengapresiasi pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Anggota Legislatif DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten yang telah selesai dilaksanakan dengan baik. “Alhamdulillah penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten indragiri hulu telah berjalan dengan baik, aman dan lancar” jelasnya. “Terima kasih kepada petugas yang telah menjalankan pemilu ini dengan baik, mari sama-sama kita menjaga agar pelaksanaan pemilu ini tetap berjalan dengan baik hingga ke tahap pengumuman hasil nantinya”lanjutnya.

Lebih jauh ia mengharapkan melalui Forum Bakohumas ini untuk bersama menginformasikan ke masyarakat kegiatan yang telah dilaksanakan Pemerintah, agar masayarakat kita tidak mudah di provokasi oleh isu yg tidak benar. “Menjadi tugas kita bersama untuk memberikan informasi yang jelas, bersih dan resmi kepada masyarakat, dan memberantas penyebaran hoax” tegasnya.

Senada dengan pernyataan tersebut, Paur Humas Polres Inhu Misran menghimbau agar bersama-sama menghormati proses pemilu 2019 yang telah kita jalankan. “jika ada kekurangan dan ketidaksesuaian pada pelaksanaannya untuk menempuh jalur-jalur yang sudah disiapkan sehingga kehidupan berbangsa dan negara tetap stabil”ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Manager Legal and Relations PT. Pertamina EP Lirik Fikri Fardian, SH, MBA yang menjadi narasumber pada pertemuan tersebut mengapresiasi Kegiatan Pertemuan Tematik ini, Beliau juga mengucapkan apresiasi dan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk menyampaikan materi pada pertemuan bakohumas ini. “Terimakasih atas kesempatan yang baik ini, dan kami akan gunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan lebih jauh tentang Profil PT. Pertamina EP Lirik” ujarnya.

PT. Pertamina EP Aset 1 Lirik Field merupakan anak perusahaan dari PT.Pertamina Persero. “Dimana PT. Pertamina Persero merupakan kontraktor untuk pengelolaan migas dari hulu sampai ke hilir” terangnya. “Sedangkan EP sendiri adalah singkatan dari Eksplorasi dan Produksi” tambahnya. Tantangan utama yang dihadapi Pertamina saat ini adalah tren produksi yang terus menurun dan juga pertamina selalu berusaha untuk memberikan kontribusi terhadap pemenuhan target nasional. “saat ini produksi harian pertamina lirik adalah 1.868 Bbl”terangnya.

Untuk prestasi dan kontribusi PT. Pertamina EP Lirik telah mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya Proper Hijau, Indonesia Green Award (IGA), Indonesia Sustainable Development Goals Awards (ISDA), dan Public Relation Indonesia Awards (PRIA). Sedangkan untuk kontribusi PT. Pertamina EP Lirik telah membangun Wisata Alama (WA) Lirik dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang belakangan menjadi destinasi wisata baru masayarakat Inhu. selain itu untuk program unggulan CSR yang lainnya berupa pengelolaan unit perikanan, pengelolaan sampah dan produksi kompos, komunitas ekonomi kreatif, konveksi, dan pariwisata. “Kami juga memiliki program unggulan untuk peningkatan mutu Pendidikan Talang Mamak” tutupnya.

Acara berjalan lancar diwarnai dengan diskusi yang interaktif dari peserta yang hadir. Banyak yang bertanya mengenai Dana CSR dari Pertamina dan cadangan minyak yang dimiliki oleh Pertamina. “Alhamdulillah Acara Pertemuan Bakohumas ini berjalan lancar, untuk pertemuan tematik selanjutnya, yang ingin menjadi tuan rumah penyelenggaraan bisa menghubungi sekretariat bakohumas di Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Inhu”. ujar Kepala Seksi Kemitraan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kab. Inhu Nurizal Murza Indra S.Sos, M.Si

Lelaki yang akrab disapa Rizal ini juga menyampaikan kembali bahwa nantinya untuk pengelolaan komunikasi publik, para anggota bakohumas akan disediakan aplikasi khusus rilis berita yang saaat ini masih dalam tahap pembangunan aplikasi bersama tim dari dinas komunikasi dan informatika. “Nantinya dengan hadirnya aplikasi rilis berita ini akan membantu para humas yang ada di opd, instansi vertikal, bumn dan bumd khusus nya para anggota bakohumas untuk mempublikasikan program kegiatan dan berita dari instansinya masing-masing” terangnya.

Aplikasi ini akan menjawab permasalahan kurangnya publikasi yang dilakukan pemerintah daerah dikarenakan tidak adanya sarana untuk pengelolaan komunikasi publik dalam hal ini pengelolaan rilis berita. “Aplikasi ini bisa membantu humas opd menjadi wartawannya opd dimana dalam aplikasi ini nantinya sudah tersedia modul-modul penulisan jurnalistik seperti tentang ketentuan penulisan 5w+1h” lanjutnya. “Kami meminta do’a dan dukungannya agar rencana dan niat baik kami untuk mambangun aplikasi rilis berita ini segera terwujud”pintanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *